Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi

Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi

Tekanan Darah tinggi di sebut juga hipertensi merupakan suatu kondisi medis dimana tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Penyakit Darah Tinggi banyak dialami orang Indonesia, umumnya yang telah memasuki usia paruh baya. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga diderita oleh orang yang masih berusia relatif muda, bahkan remaja sekalipun. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang menderita Penyakit Darah Tinggi. Pemicu-pemicu inilah yang harus diketahui oleh semua orang agar dapat terhindar dari mengidapnya.

Penyakit Darah Tinggi harus diatasi dengan cara yang tepat, karena bila tidak malah akan memicu berbagai penyakit lain yang lebih parah, misalkan serangan jantung dan juga gagal ginjal. Seseorang dapat terdeteksi mengalami kondisi atau Penyakit Darah Tinggi melaui hasil pemeriksaan tekanan darah yang menunjukkan tingkat tekanan darah atau angka systolic (tekanan darah bagian atas) dan juga diastolic (tekanan darah bagian bawah) yang lebih tinggi dari angka normal, yaitu 120/80 mmHG.

Bagaimana tekanan darah tinggi bisa terjadi ?
ada 2 faktor yaitu :

  1. jumlah (volume) darah yang dipompa jantung
  2. besarnya resistensi pembuluh darah arteri terhadap aliran darah semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempitnya pembuluh darah arteri maka tekanan darah akan semakin meningkat

Pemicu Penyakit Darah Tinggi
Suatu penyakit tentunya dipicu oleh beberapa faktor, begitu juga dengan darah tinggi. Berikut adalah pemicunya:

  • Penggunaan obat-obat tertentu: Mengkonsumsi obat tertentu dapat memicu meningkatnya tekanan darah. Beberapa obat tersebut diantaranya adalah obat-obatan yang   termasuk dalam golongan kortikosteroid (cortison), obat hormon, dan obat-obatan anti radang. Penggunaan obat-obatan semacam ini secara terus-menerus dan dalam jangka   waktu yang panjang dapat memicu timbulnya Penyakit Darah Tinggi.
  • Kebiasaan merokok: Merokok memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang dan kebanyakan dari mereka mengakui bahwa kandungan nikotin di   dalam rokok memicu berbagai penyakit, termasuk darah tinggi. Namun mereka tetap saja meneruskan kebiasaan tersebut karena menurut mereka kebiasaan tersebut sulit   sekali dihilangkan. Semakin kebiasaan merokok menempel pada gaya hidup, maka risiko darah tinggi semakin besar pula.
  • Kebiasaan minum minuman beralkohol: Risiko terkena Penyakit Darah Tinggi semakin tinggi saat kebiasaan minum minuman keras juga terdapat pada gaya hidup seseorang.
    – Kegemukan atau obesitas
    – Kurang berolahraga atau kurangnya aktivitas
    – Stress
    – Pola makan yang tidak seimbang
    – Kelainan hormon
    – Gangguan ginjal, diabetes, aorta yang kaku
    – Tumor pada kelenjar Adrenal
    – Faktor keturunan
    – Faktor usia

Gejala Penyakit Darah Tinggi
Timbulnya suatu penyakit dapat dideteksi dari gejala-gejala yang timbul. Pada Penyakit Darah Tinggi, seringkali tidak timbul gejala khusus yang menandakan adanya penyakit tersebut. Inilah alasannya banyak penderita yang terlambat mengetahui bahwa mereka mengidapnya. Namun, ada beberapa gejala atau gangguan pada kesehatan yang dipercaya erat kaitannya dengan kemungkinan adanya penyakit ini, namun tidak dapat dikatakan secara pasti bahwa orang yang mengalaminya sudah tentu memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya anda mengetahui gejala-gejalanya seperti berikut ini:
* Sakit kepala
* Mimisan (pendarahan yang keluar dari hidung)
* Kelelahan
* Wajah kemerahan
* Pusing berkepanjangan
* susah bernafas dan sering mengantuk
* pandangan mata tidak jelas
* sering mual dan muntah
* kesemutan, mati rasa
* mudah marah dan emosi

Penyebab tekanan darah tinggi
Penyebab nya sesuai dengan jenis tekanan darah tinggi itu sendiri, ada 2 jenis tekanan darah tinggi

  1. Hipertensi primer (esensial) merupakan jenis hipertensi terbanyak bagi orang dewasa penyebabnya tidak diketahui dan jenis ini cenderung terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun
  2. Hipertensi sekunder disebabkan oleh kondisi atau penyakit yang mendasarinya Hipertensi ini cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah tinggi, obat-obatan yang dapat menyebabkan hipertensi sekunder diantaranya :
    * penyakit ginjal
    * tumor kelenjar adrenalin
    * cacat bawaan
    * obat-obatan tertentu seperti pil KB, obat flu dekongestan, penghilang rasa sakit dan beberapa resep dokter
    * obat-obatan terlarang seperti kokain dan amfetamin

Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara alami
Saat penyakit tekanan darah tinggi menyerang, maka sudah semestinya tindakan perawatan dilakukan. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari bertambah parahnya penyakit tersebut. Selain mengkonsumsi obat yang dikhususkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, ada beberapa hal yang juga harus dilakukan:

  • Mengubah pola makan: Makanan untuk mengatasi hipertensi adalah makanan yang kurang atau bahkan lebih baik lagi bila tidak mengandung garam, dan juga yang rendah lemak dan kolesterol. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung magnesium, kalium, dan juga Konsumsi juga sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak serat seperti bayam, kangkung, pisang, melon, wortel, dan jeruk. Diet rendah garam
  • Mengubah pola hidup: Tinggalkan segera kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Lebih rajin dan teratur berolahraga ringan, dan juga kurangi stres. Mengetahui faktor pemicu dan menjaga makanan juga pola hidup akan dapat membantu anda menghindari dan mengatasi Penyakit Darah Tinggi.
    • menjaga berat badan ideal
    • tingkatkan aktivitas fisik
    • batasi alkohol
    • tidak merokok
    • mengolah stres
    • relaksasi otot dan pernafasan dalam
    • tidur dan istirahat yang cukup
    • konsumsi makanan sehat bernilai gizi tinggi berupa suplemen kesehatan yang mengandung pixmen ektra sayur dan buah yang mengandung zat multikaroteniod slutena tahap awal 3 x 3 butir komplikasi 3 x 5 butir
    • mengukur tensi
    • mencegah komplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontak Kami

Menu Penting
promo-slutena-griyasslutena harga-slutena-griyasslutenaharga-izumio-griyasslutenaforum-sehat-cantik-griyaslutenabisnis-global-griyaslutena