Cara Pengobatan Penyakit Asam Urat Cara Pengobatan Penyakit Asam Urat

Cara Pengobatan Penyakit Asam Urat

Cara Pengobatan Asam Urat | Cara Pencegahan Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang Indonesia. Penyakit ini sepertinya merupakan penyakit khas orang yang sudah memasuki masa paruh baya. Keluhan dari orang yang terkena Penyakit Asam Urat ini biasanya mengalami serangan arthritis seperti nyeri pada bagian persendian. Namun seringkali serangan ini menghilang dengan sendirinya dan karena itulah saat diperiksakan ke dokter, umumnya tidak terdeteksi sebagai Penyakit Asam Urat. Penyakit ini erat sekali kaitannya dengan pola hidup dan juga pola makan. Agar dapat mengantisipasinya, maka anda harus mengenal lebih jauh mengenai penyakit ini.

Pengertian Asam Urat
Penyakit asam urat atau di sebut juga dengan penyakit pirai atau gout, adalah merupakan sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi.

Beberapa kristal yang bertupuk akan keluar dari tulang rawan dan membuat lapisan lembut pada sendi yang mengalami radang, ketika ini terjadi berarti penderita sedang mengalami serangan asam urat.Kristal yang tertumpuk akan membentuk gumpalan keras yang disebut tofi. Tofi inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi dan tulang di sekitarnya….

Penyakit Asam Urat sebenarnya merupakan penyakit yang timbul saat kadar hasil metabolisme purin di dalam tubuh melebihi yang seharusnya. Purin merupakan bentuk turunan dari nukleoprotein dan salah satu komponen dari asam nukleat yang didapati pada inti sel. Secara alami, purin bisa didapati di dalam tubuh kita. Bahkan jumlah purin yang dibutuhkan oleh manusia dalam sehari bisa dipenuhi oleh tubuh manusia sendiri sebanyak 85%. Sisanya sebanyak 15% bisa didapat dari makanan. Purin terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman ataupun hewan. Jadi makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, ikan sarden, dan juga jeroan merupakan sumber purin.

Penyebab dari Penyakit Asam Urat terbagi menjadi dua, yaitu penyebab primer dan penyebab sekunder.tangan-asam-urat

  1. Penyebab Penyakit Asam Urat Primer sebenarnya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga kuat bahwa faktor penyebabnya adalah genetik atau turunan, dan juga adanya ketidakseimbangan hormon yang kemudian menyebabkan gangguan pada metabolisme dan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Faktor lain adalah terganggunya fungsi ginjal sehingga menimbulkan masalah pada proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Penyebabnya adalah tingginya kadar asam urat. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh kita melalui ginjal. jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah produksinya aka sisanya akan menumpuk di dala dan sekitar sendi dalam bentuk krostal-kristal tajam natrium urat. Penumpukan kristal-kristal tersebut bisa berlangusng selama bertahun-tahun tanpa kita sadari
  2. Penyebab sekunder dari Penyakit Asam Urat ini adalah kelebihan asupan makanan yang mengandung zat purin. Hal ini tentu saja mengakibatkan naiknya kadar purin di dalam tubuh hingga melebihi jumlah yang seharusnya. Penyebab lainnya bisa juga karena penyakit sumsum tulang, polisitemia, atau penyakit darah lainnya, obat-obatan seperti obat-obatan untuk penyakit kanker, alkohol, dan vitamin B12. Obesitas, psoriasis, dan kadar trigliserida yang tinggi juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya Penyakit Asam Urat. Pada penderita diabetes, penyakit ini juga bisa muncul karena tidak terjaganya asupan makanan hingga kadar keton meninggi, begitu juga dengan kadar asam urat atau purinnya.

Faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit asam urat adalah :

  1. kelebihan berat badan atau obesitas
  2. umur & jenis kelamin, lebih cenderung dialami mereka yang berusia lebih tua dan cenderung laki-laki
  3. sering konsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti otak, hati, ginjal, kaldu, ikan makarel, ikan sarden dan kerang-kerangan
  4. terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan minuman keras seperti spirit dan bir
  5. punya riwayat sakit arah tinggi
  6. punya masalah pada ginjal
  7. faktor riwayat keturunan

Gejala Penyakit Asam Urat dibagi menjadi beberapa tahap :

  • Pada tahap yang pertama, yang disebut juga tahap artritis gout akut, biasanya penderita mengalami serangan pada daerah endi dan serangan tersebut biasanya menghilang   dengan sendirinya dalam setelah 5-7 hari. Setelah serangan ini hilang, maka tidak akan muncul lagi hingga beberapa lama, bahkan hingga bertahun-tahun.
  • Namun setelah   itu, penderita mengalami tanda asam urat tahap kedua yaitu tahap artritis gout akut intermiten yang ditandai dengan   serangan artritis yang kali ini akan sering kambuh. Semakin lama serangan ini akan semakin sering muncul. Tahap selanjutnya adalah tahap artritis kronik berfokus. Pada tahap ini, muncul benjolan-benjolan di sekitar sendi yang disebut tofi/tofus dan sering mengalami peradangan. Tofi/Tofus inilah yang dapat menyebabkan kerusakan   pada sendi dan tulang di sekitarnya.

Gejala penyakit asam urat lainnya :

  • pembengkakan di dalam dan di sekitar sendi yang mengalami radang
  • kulit di atas sendi terlihat memerah dan mengkilap
  • rasa sakit yang tidak tertahankan terutama sendi
  • kulit mengelupas dan terasa gatal

Sendi-sendi yang sering mangalami serangan :

  1. jempol kaki
  2. pergelangan kaki
  3. kaki bagian tengah
  4. lutut
  5. pergelangan tangan
  6. jari tangan
  7. siku

Makanan & minuman penyebab penyakit asam urat:
Makanan yang kaya akan zat purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh contoh

  • jeroan (jantung hati otak hati)
  • makanan laut (kerang dan ikan yang berminyak)
  • daging merah (aging babi, sai dan kambing)

Minuman yang meyebabkan asam urat tinggi

  • minuman keras & beraroma alkohol seperti bir spirit
  • minuman dengan kadar gula tinggi contohnya minuman yang mengandung fruktosa tinggi fruktosa sendiri merupakan zat gula alami yang ditemukan di buah-buahan

Obat-obat pemicu yang bisa menyebabkan asam urat

  • niacain yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi
  • diuretik atau pil air yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi
  • obat-obatan pereda darah tinggi
  • aspirin

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat
Penyakit apapun, termasuk Penyakit Asam Urat memang sebaiknya diketahui gejalanya sejak awal agar penanganannya dapat segera dilakukan sebelum keadaan menjadi kronis. Dalam mengatasi asam urat, ada beberapa pilihan cara untuk mengatasinya.

Cara medis merupakan salah satunya dan ditangani oleh dokter.
Cara lain adalah cara tradisional dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat atau purin di dalam tubuh. Bahan-bahan tersebut contohnya seperti buah-buahan dan sayur yang mengandung pigemen karotenoid (slutena)

Cara mencegah & mengobati penyakit asam urat

  1. makanan pantangan
    * hindari pengawet, perasa, pengembang makanan
    * makanan jeroan
    * kacang-kacangan
    * sayur dari daun
    * makanan & minuman kaleng
    * makanan bersantan, berlemak & cepat saji
  2. pola hidup sehat
  3. pola hidup sehat
  4. konsumsi suplemen slutena 2 x 3 butir.
  5. air putih 25 lt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontak Kami

Menu Penting
promo-slutena-griyasslutena harga-slutena-griyasslutenaharga-izumio-griyasslutenaforum-sehat-cantik-griyaslutenabisnis-global-griyaslutena