Cara Mencegah Tubuh dari Sakit Cara Mencegah Tubuh dari Sakit

Cara Mencegah Tubuh dari Sakit

Kekentalan Darah (Sindroma Antiphospholipid)

Definisi yang sesungguhnya mengenai pengentalan darah ini adalah merupakan sindroma dengan karakteristik adanya thrombosis vaskuler (arterial atau vena) dan atau morbiditas kehamilan yang berhubungan dengan tingginya antibody terhadap plasma protein yang berikatan dengan fosfolipid anion.

Penyebab Kekentalan Darah :

1. Makanan awetan dan kebiasaan merokok

Bahan-bahan makanan yang telah disimpan terlalu lama di lemari es akan berkurang kadar vitamin, enzim, dan mineralnya. Padalah, penting sekali asupan buah dan sayuran bagi tubuh dalam kondisi segar serta sebaiknya memakan empat porsi per hari. Per porsi itu sama dengan segelas.

Selain itu, cari menu sehat seperti oatmeal dan minyak ikan berperan dalam menjaga darah agar tidak gampang membeku. Bagi anda yang sering mengalami migraine, jangan pernah menganggap sepele keluhan tersebut. Bisa jadi, sakit kepala sebelah yang anda rasakan itu merupakan gejala awal dari sindrom darah kental.

2. Polusi dan asap kendaraan

Berbagai akibat polusi dapat memicu terjadinya pengentalan darah pada tubuh manusia, yang selanjutnya memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Gangguan kardiovaskuler akibat polusi udara sudah lama diketahui. Adapun mekanismenya diduga melalui berbagai cara, di antaranya disfungsi endotel, iskemia miokard (kerusakan otot jantung), perubahan fungsi otonom, inflamasi sistemik dan aktivasi platelet darah yang kesemuanya dapat meningkatkan pengentalan darah. Hal ini akan memudahkan darah untuk menggumpal yang berakhir dengan serangan jantung.

3. Penggunaan Pil KB Hormonal

Penggunaan pil kontrasepsi atau Pil KB untuk mencegah kehamilan, ternyata dapat memicu terjadinya trombofilia atau thrombosis, yakni kekentalan darah. Sebab, obat kontrasepsi oral mengandung kombinasi estrogen dan progesterone yang bisa menyebabkan darah mengental.

Risiko thrombosis akibat penggunaan pil KB yang sering terjadi adalah thrombosis vena dalam, emboli paru, dan stroke terutama bagi mereka yang sering mempunyai keluhan migren. Kejadian thrombosis ini diambil berdasarkan studi pada penggunaan estrogen dosis tinggi.

“pengguna kontrasepsi oral mempunyai peningkatan risiko infark jantung 2-4 kali lipat. Umumnya risiko kardiovaskular terjadi pada perokok dan perempuan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, serta hiperlipidemia,” tambahnya.

4. Kolesterol

Kolesterol juga dapat menjadi biang keladi pengentalan darah. Kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah membuat penampang pembuluh darah menyempit. Adapun asap rokok akan merusak lapisan dinding pembuluh darah bagian dalam (endotel). Endotel ini turut mengaktifkan system pembekuan darah. Apabila endotel rusak, trombosit akan mudah melekat satu sama lain. Hambatan-hambatan dalam pembuluh darah ini dikenal sebagai thrombosis.

Sekarang semakin banyaknya orang muda yang terkena serangan pengentalan darah, yakni mereka yang berusia 18-45 tahun. Hal itu diketahui setelah pasien melakukan serangkaian pemeriksaan darah. Gaya hidup tidak sehat dan stress tinggi memicu pengentalan darah. Makan makanan yang tinggi kolesterolnya menyebabkan darah menjadi semakin kental dan lebih mudah terjadi penyumbatan pada dinding pembuluh darah yang mengakibatkan stroke atau serangan tekanan darah tinggi.

5. Faktor Genetik

Pada sejumlah kecil penderita darah kental, penyebabnya adalah genetis (diturunkan). Karena itu, mereka ini berisiko mengalami thrombosis di usia muda. Mereka yang memiliki darah kental secara genetik harus minum obat antikoagulan (anti penggumpalan darah) seumur hidup.

Pasien biasanya datang dengan keluhan pusing, migraine, pandangan berputar (vertigo), telinga berdenging (terkadang tuli mendadak), serta penglihatan terganggu. Menurut itu semua merupakan gejala gangguan pembuluh darah yang salah satu penyebabnya adalah darah kental.

Gejala Kekentalan Darah :

A. Sakit Kepala atau migraine

Penderita sering migraine atau sakit kepala saat remaja. Ini merupakan salah satu tanda penting dari sindrom Hughes. Sakit kepala akan meningkat ketika dilakukan  pengobatan. Merasa limbung ketika  berjalan dan seperti melihat kilatan  cahaya juga menyertai sakit kepala

B. Merasa mabuk atau seperti mabuk

Disebabkan pasokan oksigen ke otak berkurang akibat pengentalan darah, sehingga terjadi gangguan keseimbangan. Banyak pasien yang mengeluh merasa seperti mabuk atau sering mereka  menyebut vertigo. Jika hal ini  terjadi dapat mengakibatkan berbagai kecelakaan pasien.  yang dirasakan pasien.

C. Hilang Ingatan

Terjadi penurunan ingatan atau daya ingat. Menurunnya atau bahkan kehilangan daya ingat karena suplay oksigen yang dibawa oleh darah ke otak berkurang. Banyak pasien yang lupa nama teman atau keluarga, hal-hal yang harus mereka lakukan, atau lupa apa yang baru saja dikatakan. Biasanya daya ingat akan meningkat setelah diterapi.

D. Gangguan pengelihatan

Pasien dapat mengalami pandangan ganda, berbayang, bahkan sama sekali tidak melihat. Hal ini, terjadi karena pasokan darah ke jaringan arteri dan vena di mata mengalami hambatan akibat darah mengental.

E. Gangguan kulit

Banyak pasien sindrom darah kental mengeluhkan gangguan kulit berupa noda di sekitar lengan dan kaki, yang istilah medisnya livedo reticularis. (adalah suatu keadaan berupa bercak-bercak merah kebiruan di kulit disebabkan gangguan pembuluh darah, terutama mengenai kaki)

F. Serangan Jantung

Sindrom darah kental dapat memicu serangan jantung dan masalah pada katub jantung serta menimbulkan penggumpalan pada serambi atas jantung. Semua ini berawal dari adanya thrombus. Thrombus dapat terjadi di pembuluh darah jantung (arteri coronaria)  maupun di organ jantung sendiri, biasanya  di katup – katup jantung. Bila thrombus  menyumbat pembuluh darah koroner maka  dapat timbul serangan jantung, dan bila  tertimbun di katup jantung dapat menyebabkan  gagal jantung.

G. Stroke

Penyakit yang paling ditakuti akibat penggumpalan darah adalah stroke yang dapat mengakibatkan kelumpuhan. Stroke dapat terjadi bila thrombus yang timbul menyumbat pembuluh darah otak, sehingga menyebabkan gangguan suplai nutrisi dan oksigen ke sel otak.

H. Penyumbatan Paru

Penyumbatan pada paru terjadi bila pembuluh darah yang mengalir ke paru-paru tersumbat akibat darah menggumpal. Gumpalan darah pada paru-paru bisa menimbulkan nyeri di dada, napas pendek, atau tersengal. Penumbatan paru-paru yang sudah parah berakibat fatal.

I. Gangguan pada usus

Sindrom darah kental dapat mempengaruhi aliran darah ke usus hingga menyebabkan sakit pada bagian perut, demam, ataupun perdarahan pada anus ketika duduk.

J. Keguguran berulang

Kasus APS atau sindrom Hughes ini jika menimpa ibu hamil dapat menyebabkan keguguran. Karena itu, bagi anda yang pernah keguguran ada baiknya untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

Mengentalnya darah dapat mengganggu sirkulasi nutrisi dan oksigen ke janin. Semakin kental darah, asupan makanan ke janin rentan terhenti, akibatnya janin bisa meninggal atau gugur. Tak hanya mengenai bayi, APS juga bisa berdampak buruk bagi ibu yang mengalami keguguran.

Kontak Kami

Menu Penting
promo-slutena-griyasslutena harga-slutena-griyasslutenaharga-izumio-griyasslutenaforum-sehat-cantik-griyaslutenabisnis-global-griyaslutena